Sabtu, 26 April 2008

candi borobudur



Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur adalah kuil budha yang terbesar di dunia dan diklaim sebagai hasil budaya manusia yang paling sering dikunjungi lebih dari sejuta wisatawan baik domestik maupun luar negeri sampai saat ini. Gaya arsitektur dari candi inipun tidak ada yang menyerupai di seluruh dunia. Struktur yang terisnpirasi menggambarkan mikro kosmos yang seringkali timbul menjadi suatu pertanyaan, misalnya kapan, dengan cara apa, berapa lama dan oleh siapa cagar alam ini telah dibangun.
Jawaban yang tepat sampai saat ini masih meninggalkan misteri karena tidak ada dokumen tertulis sampai saat ini. Berdasar prasasti yang ditemukan oleh peneliti, diketahui bahwa Candi Borobudur dibangun antara abad ke delapan ketika Samaratungga raja dari Dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah. . Borobudur merupakan gabungan dari kata Bara dan Budur. Bara dari bahasa Sansekerta berarti kompleks candi atau biara. Sedangakan Budur mengingatkan kita dengan kata yang berasal dari Bali Beduhur yang berarti di atas. Dengan kata lain Borobudur berarti Biara di atas bukit.
Borobudur penuh dengan ornamen filosofis yang menyimbolkan tentang kesatuan dari perbedaan jalur yang dapat diikuti untuk mencapai tujuan hidup yang paling pokok. Relief yang terukir di dinding candi amat mengandung filosofis yang menyiratkan keindahan dalam mempelajari hidup ini.

Tidak ada komentar: